http://downloads.totallyfreecursors.com/thumbnails/monkey-ani.gif

Pages

Rabu, 16 Januari 2013

Seputar Tentang Akpol

Seputar Tentang Akpol kali ini saya akan membahas tentang fasilitas apa saja yang ada di akademi kepolisian. 
diantaranya yaitu:



Gerbang Tri Brata Utama Akpol
 Gambar disamping merupakan pintu gerbang utama dari Akademi Kepolisian. Ini merupakan gerbang utama dari para taruna akademi kepolisian untuk keluar dan masuk. Gerbang Megah ini merupakan salah satu kebanggaan dari para taruna akademi kepolisian. Karena melalui gerbang inilah para calon pimpinan Polri lahir dan dibesarkan.


















Bendungan Dan Tempat Pancing Akpol
Ini merupakan bendungan dan tempat pancing di akademi kepolisian. Salah satu fungsi dari tempat ini adalah untuk memperindah lingkungan akademi kepolisian. Selain itu di tempat inilah biasanya para antap maupun para pengunjung dari luar akpol memancing dan refreshing 
















Rukan Dan Cafe Akpol
 Rukan merupakan tempat makan para taruna Akademi Kepolisian. Untuk diketahui Rukan Akademi Kepolisian mempunyai mitos yaitu tempatnya yang tidak sejajar dengan lapangan resimen yang disebabkan oleh hentakan para taruna pada saat Akademi Kepolisian memasuki rukan tersebut. Dibawah Rukan sendiri terdapat Cafe untuk tempat makan maupun membeli seluruh peralatan yang dibutuhkan para taruna.









Gereja Akademi Kepolisian
 Para taruna Akademi Kepolisaian yang beragama nasrani melakukan kegiatan ibadah pada setiap hari minggu di gereja ini. Dan biasanaya pada hari sabtu para taruna beragama nasrani melakukan curvey di gereja ini setiap hari sabtu guna persiapan dipakai ibadah pada hari minggunya.




















Masjid As Syuhada
 Disamping kegiatan fisik maupun akademis yang padat, namun para taruna akademi kepolisian tetap melakukan ibdah rutin tiap waktunya. bagi kaum Muslim di akademi kepolisian biasanya melakukan ibadah di masjid as syuhada. Kegiatan ini dilakukan pada hari jum'at, sabtu dan minggu. Untuk hari minggu sendiri para taruna seusai melakukan ibadah sholat subuh biasanya dilanjutkan dengan acara keluarga asuh.













Pura Widya Saraswati


 Para Taruna beragama Hindu di akademi Kepolisian melakukan ibadah di pura ini (pura Widya Saraswati). Selain taruna dari Akademi Kepolisian banyak para umat hindu di semarang yang melakukan ibadah di pura ini. pura Widya Saraswati berodalan tapat pada hari saraswati yaitu setiap 210 hari sekali pada Sabtu (Saniscara), Umanis (Legi), Watugunung









Graha Cendikia
Graha cendikia Akademi Kepolisian merupakan tempat belajar para taruna Akademi Kepolisian. Disinilah tempat para taruna menimba ilmu. selain sebagai tempat belajar, tempat ini biasanya juga digunakan untuk acara menonton bersama oleh para taruna melalui acara keluarga asuh. Melalui acara menonton bersamalah  hubungan erat antara taruna senior dan junior terjalin

















Perpustakaan Akademi Kepolisian


Perpustaaan Akpol adalah tempat diamana para taruna mencari referensi buku ataupun tempat berdiskusi dalam penyelesain tugas perkuliahan. Di tempat ini juga biasanya para taruna melakukan wajib baca. wajib baca ialah suatu kegiatan yang dilakukan pada saat jam kuliah kosong.












Halang Rintang Akpol
Tempat ini adalah merupakan tempat para taruna melakukan halang rintang. Halang rintang adalah salah satu kegiatan fisik di Akademi Kepolisian. Melalui kegiatan inilah para taruna diajarkan untuk sikap cepat, lincah dan tanggap.




























 
Jogging Trek






 Jogging Trek merupakan fasilitas baru di Akademi Kepolisian.. Tempat ini dibangun guna memperindah lingkungan di Akademi Kepolisian. Selain itu tempat ini biasanya digunakan para antap untuk refreshing dan melakukan olahraga sore. Jogging trek ini dimulai dari lapangan bhayangkara sampai ke flat taruna tingkat dua, Untuk diketahui bahwa jogging trek ini masih dalam pembangunan dan pengembangan.
























Graha Taruna
Graha Taruna adalah tempat tinggal para Taruna Akademi Kepolisian. Kalau dilihat dari bentuknya gedung ini menyerupai bentuk kapal, sehingga dalam penyebutannya oleh para taruna disebut dengan flat kapal. Selain itu Lapangan graha taruna adalah merupakan tempat yang sakral bagi para taruna, karena ditempat inilah seluruh kegiatan para taruna dilakukan sehari-harinya.  Ada satu fenomena di graha taruna bahwa hujan jarang turrun pada saat taruna melakukan egiatan fisik.










Stadion Taruna
Stadion Taruna adalah tempat dimana para taruna melakukan olahraga. ditempat ini juga biasanya para taruna melakukan tes kesehatan jasmani. Tes kesehatan Jasmani rutin dilakukan para taruna untuk meinilai tingkat kesamaptaan para taruna. Tes ini biasanya dilakukan para taruna setiap semesternya.



  














Tower Akpol

 Tower tinggi ini digunakan oleh para taruna akpol saat melakukan dikdasbara atau pada masa basis. Di tower ini taruna melakukan latihan peluncuran, mountainering dan peluncuran tambang. Disana para taruna dituntut utnuk berani melawan rasa takut pada ketinggian dan mampu mengendalikan diri serta menyelesaikan latihan dengan baik. Dan untuk diketahui dalam latihan ini sudah digunakan alat pengaman yang sesuai standar dan didampingi oleh pelatih yang professional sehingga dalam segi keamanan sudah terpenuhi. 


































Gedung Tri Brata Utama

 Gedung Tribrata ini merupakan Kantor dari  Gubernur, Wakil Gubernur serta para pejabat utama Akademi Kepolisian . Gedung ini terletak tepat di Gerbang Utama Akademi Kepolisian. didepannya juga terdapat patung Stick Master yang merupakan salah satu kebanggaan dari Akademi Kepolisian.




















KSA
 KSA merupakan kepanjangan dari Kamar Sehat Akpol disana tempat berobat dan dirawat para taruna maupun antap dari Akademi Kepolisian. Untuk diketahui bahwa merupakan pantang bagi seorang taruna untuk menginjakkan kaki di KSA tersebut apabila tidak dalam keadaan darurat, karena merupakan suatu kebanggaan dan apabila taruna tidak pernah sakit dan berobat kesana. karena pada hakikatnya taruna itu artinya adalah mendekati kesempurnaan yang artinya harus bisa mengendalikan diri agar terhindar dari segala macam penyakit.









Pesawat Latihan







 Pesawat ini terletak di stadion graha taruna. Pesawat ini diperuntukkan sebagai sarana dalam pelatihan anti teror. biasanya pesawat ini digunkan oleh densus 88 anti teror dalam pelatihan anti teror.








0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar